13 PESAN RASULULLAH S.A.W. MENJELANG RAMADHAN

0 Comments

Assalamualaikum wbt, Salam Ramadhan Kepada Semua Pembaca, Disini saya nak berkongsi serba sedikit kelebihan2 yang terdapat pada bulan Ramadhan, Mungkin kita semua sudah pernah dengar dari majlis-majlis ilmu atau terbaca dari mana2 bahan bacaan, tetapi sebagai manusia biasa yang lumrahnya perlukan peringatan lagi dan lagi. 

Mudah-mudahan ia dapat memberi syafaat kepada sidang pembaca dan juga khususnya buat si pencoret posting ini, InsyaALLAH. 



-Imam Ibnu Khuzaimah dalam kitab At Targhib Juz II/217-218 meriwayatkan suatu hadits bahwa Rasulullah saw. pada hari terakhir bulan Sya’ban berkhutbah di hadapan kaum muslimin, sebagai berikut: “Wahai manusia, sesungguhnya kalian akan dinaungi oleh suatu bulan yang agung lagi penuh berkah, 

1. Yaitu bulan yang di dalamnya ada suatu malam yang lebih baik daripada seribu bulan;

 2. Bulan yang Allah telah menjadikan puasaNya suatu kewajiban dan qiyam (shalat) pada malam   harinya suatu tahawwu’ (ibadah sunnah yang sangat dianjurkan). 

3. Siapa saja yang mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu pekerjaan kebajikan (sunnah) di dalamnya, (ia diganjar pahala) sama seperti menunaikan kewajiban (fardlu) di bulan yang lain. 

4. Dan siapa saja yang menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan, (ia diganjar pahala) sama dengan orang yang mengerjakan 70 kali kewajiban tersebut di bulan yang lain. 

5. Ramadhan adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu pahalanya adalah surga (al jannah). 

6. Ramadhan itu adalah bulan memberikan pertolongan dan 

7. bulan Allah menambah rizki para mukmin di dalamnya. 

8. Siapa saja yang pada bulan itu memberikan makanan berbuka kepada orang yang puasa :a) perbuatan itu menjadi pengampunan atas dosa-dosanya,    
b) kemerdekaan dirinya dari api neraka, dan;    
c) ia mendapatkan pahala seperti pahala orang berpuasa yang diberinya makanan berbuka itu tanpa        mengurangi pahala orang yang berpuasa itu”. Para sahabat berkata: “Ya Rasululullah, tidak semua dari kami memiliki makanan berbuka untuk orang-orang yang berpuasa”. Rasulullah saw. pun menjawab: “Allah memberikan pahala tersebut  kepada orang yang memberikan sebutir korma sekalipun atau sekedar seteguk air atau sehirup susu. 

9. Bulan Ramadhan ini adalah bulan yang permulaannya adalah rahmat, pertengahannya adalah   ampunan, dan akhirnya adalah pembebasan dari neraka. 

10. Siapa saja yang meringankan beban dari orang yang dikuasainya (hamba sahaya atau  bawahannya), niscaya Allah mengampuni dosanya dan membebaskannya dari api neraka. Karena itu perbanyaklah empat perkara di bulan Ramadhan ini.Dua perkara yang dengannya kalian menyenangkan Tuhan kalian dan dua perkara lainnya sangat kalian butuhkan.Dua perkara yang kalian lakukan untuk menyenangkan Tuhan kalian adalah: 

11. Mengakui dengan sesungguhnya bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan kalian memohon ampunan kepada- Nya.Adapun dua perkara yang sangat kalian butuhkan adalah 

12. kalian memohon surgaNya dan berlindung dari api neraka. 

13. Siapa saja yang memberi minum kepada orang yang berpuasa niscaya Allah akan memberinya minum dari air kolamku dengan suatu minuman yang dia tidak merasa haus lagi sesudahnya hingga ia masuk surga. 

Wallah alam.. Wassalam.

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: